Saturday, April 5, 2014

BULAN PENUH CINTA (FINAL)



SALAM CINTA HOTMOM...,

Kedua orang tua saya tinggal di Bandung sejak memasuki usia pensiun kerja. Sejak menggunakan kursi roda Papa tidak pernah mau keluar rumah sampai bertahun-tahun lamanya. Banyak alasan yang dikemukakan saat kita ajak untuk ke Jakarta dimana 4 dari 5 anaknya memang tinggal di Jakarta., antara lain :
-       Papa akan repot nanti kalau mau ke kamar mandi
-       Papa akan susah tidur karena tempat tidur yang berbeda
-       Papa nanti susah makan, sampai alasan rasa malu apabila harus keluar rumah menggunakan kursi roda.

Bisa dimengerti itulah perasaan yang timbul dimana kondisi seseorang yang tadinya  bisa berjalan akhirnya harus duduk di kursi roda.
Namun, kami anak-anaknya tidak menyerah untuk menyemangati Papa. Apalagi Mama yang selalu sabar mendampingi Papa.

Saya memiliki ide untuk merenovasi garasi rumah saya menjadi kamar tidur papa mama yang nyaman dan fungsional  untuk pengguna kursi roda.

Mulailah saya berkhayal dengan membuat sketsa awal akan diapakan nanti garasi mobil ini.
Sambil duduk di lantai rumah atas, ech….kucing tetangga meniduri sketsa awal saya sehingga akhirnya saya berhenti sesaat melanjutkan sketsanya dan saya tertegun dengan kelucuan tingkah laku kucing tetangga ini.


Proyek HOT Room yang berasal dari garasi ini adalah Proyek Rahasia dimana Papa Mama tidak mengetahui rencana saya untuk HOT Room ini.

Oleh karena kondisi Papa yang menggunakan kursi roda, maka banyak hal-hal yang harus saya pertimbangkan, yaitu :

-       Papa sudah mempunyai ukuran ketinggian tempat tidur sendiri di Bandung sehingga saya meminta adik saya untuk mengukurnya secara rinci
-       Ukuran pintu kamar yang harus lebih besar dari kursi roda
-       Tipe pintu masuk yang harus dibuat sliding untuk memudahkan Papa membuka pintu
-       Meja makan yang tingginya disesuaikan dengan kondisi papa makan sambil duduk di kursi roda sehingga tidak diperlukan kursi lainnya di meja makan
-       Lemari gantung pakaian yang tidak terlalu tinggi agar papa bisa menggantungkan kemejanya sambil duduk di kursi roda
-       Rak sepatu yang mudah untuk diraih
-       Railing sebagai pegangan yang terdapat di kamar mandi, tempat duduk khusus untuk memudahkan Papa mandi , juga alas lantai agar tidak licin.
-       Tersedia juga bak mandi dan shower sehingga Papa bisa memilih lebih nyaman mandi dengan menggunakan bak mandi atau shower.

Dari sebuah garasi yang kosong dan penuh barang-barang untuk keperluan mobil,  setelah 2 bulan , inilah hasil renovasi saya untuk kamar Papa dan Mama yang saya berikan sebagai Kado Ulang Tahun mereka yang sama-sama lahir pada bulan Oktober.


Tempat tidur sengaja saya pisahkan antara Papa dan Mama karena mengingat space yang terbatas dan Papa perlu ruang khusus untuk bisa naik dan turun dari tempat tidur ke kursi rodanya dengan lebih mudah.

Hal penting lainnya yang tidak terlupakan adalah diantara tempat tidur Papa dan Mama ada 2 tombol, yang satu untuk mematikan atau menghidupkan lampu tidur dan satunya lagi adalah bel. Speaker bel diletakkan di kamar mbak yang apabila diperlukan mbak bisa datang dengan cepat.

Tentunya saya sediakan 1 single sofa buat Mama untuk keperluan Mama saat membaca yang menjadi hobbynya dan saat menonton acara televisi.


Adapun secara detil hal-hal yang saya renovasi adalah :

·      Pintu garasi dibongkar menjadi sliding door dengan jendela sebagai view ke area luar
·  Dibuat pilar minimalis yang berfungsi sebagai tempat sepatu Papa dimana ketinggiannya sudah disesuaikan dengan pengguna kursi roda
·      Saya tambahkan bunga kering dengan Vas tinggi agar ruangan menjadi cantik

·      Tempat LCD TV untuk Papa dan Mama menonton dimana saya letakkan foto-foto keluarga besar disana agar mereka lebih merasa dekat dengan anak-anak dan cucu-cucunya.
·      Meja makan tanpa kursi agar kursi roda Papa bisa langsung masuk ke bawah meja saya buat  menyatu designnya dengan area TV .

·     Lemari pakaian dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Papa agar Papa bisa mandiri semuanya mulai dari mengambil, meletakkan sampai menggantung pakaiannya sendiri.


Kamar mandi memerlukan perhatian ekstra karena kamar mandi ini saya buat sesuai dengan kebutuhan Papa, yaitu :
1. Ukuran pintu kamar mandi dibuat lebar agar kursi roda muat masuk
2. Pintu kamar mandi dibuat sliding
3. Tersedia railing untuk  pegangan
4. Lantai diberikan alas agar tidak licin
5. Ada tempat duduk untuk Papa mandi
6. Closet dibuat lebih tinggi untuk memudahkan Papa berdiri
7. Untuk kebutuhan mandi saya sediakan bak mandi dan shower
8. Ketinggian washtafle disesuaikan dengan kebutuhan Papa
9. Sentuhan cermin agar kamar mandi terlihat lebih luas


2 minggu sebelum ulang tahun Papa dan Mama, kami mengundang dengan paksa Papa dan Mama untuk datang ke Jakarta dimana ada kado khusus buat mereka yang belum kami ceritakan.
Dengan bantuan bujuk rayu dari semua keluarga akhirnya mereka bersedia datang ke Jakarta. Dan………bahagia luar biasa melihat papa sangat senang dengan kamar tidurnya yang nyaman ini..

Sejak saat itu, kunjungan ke Jakarta pun sering dilakukan. Tidak ada lagi kekhawatiran tentang susah ke kamar mandi, tidak bisa tidur, susah makan ataupun alasan lainnya…

Bagi para Hotmom yang memiliki orang tua seperti saya, semoga hal ini bisa memberikan inspirasi…..

Tetap ikuti cerita saya di minggu berikutnya karena pada Edisi Maret 2014 ini Tema Cerita saya adalah “YANG MUDA YANG BERKARYA”….

Bye HotMom……









0 comments:

Post a Comment