Saturday, March 8, 2014

TIPS LIBURAN HEMAT: MALAYSIA

Episode 1


Salam Cinta  HotMom…,

Liburan kemana saja di Tahun Baru ini ? pasti punya sejuta cerita mengenai liburannya kan ? saya tunggu cerita seru liburannya yang dapat HotMom kirim melalui email ke sinta.hotmom@gmail.com dan jangan lupa kirim  foto keluarga saat liburan dan foto HotMom sedang sendiri dimana foto sendiri ini akan menjadi cover di HotMom Friends di Blog saya…

Sebagian HotMom pastinya sudah pernah ke Kuala Lumpur, Malaysia, namun mungkin masih ada juga yang belum pernah atau mungkin masih belum mengetahui tips hemat liburan ke Kuala Lumpur . Malaysia.
Disini saya mau berbagi tips perjalanan hemat saya khususnya mengenai pemilihan transportasi dan hotel di Kuala Lumpur. Malaysia

PESAWAT UDARA
HotMom dapat mengunjungi website www.Skyscanner.com untuk mencari informasi harga tiket pesawat sesuai jadwal liburan yang diinginkan atau dapat langsung mengunjungi  website airline yang bersangkutan.
Adapun yang menawarkan harga bagus tujuan Kuala Lumpur, Malaysia antara lain adalah : Lion Air (harga  berkisar Rp. 1.200.000, PP, dan sudah termasuk bagasi 20 kg/orang), Tiger Airways (sering memberikan promo Buy One Get One Free) dan Air Asia (ada tambahan biaya untuk bagasi).
Apabila menggunakan Air Asia, maka kita akan mendarat di LCCT, yaitu Low Cost Carrier Terminal, yang lokasinya berbeda dari penerbangan lainnya.
Sedangkan apabila kita menggunakan Lion Air &  Tiger Airways, kita akan mendarat di KLIA, yaitu Kuala Lumpur International Airport.

TRANSPORTASI DARI BANDARA KE KL SENTRAL
KL Sentral adalah pusat pemberhentian transportasi baik menggunakan kereta maupun bus. Dari KL Sentral baru akan kita lanjutkan perjalanan ke lokasi dimana kita akan menginap atau yang menjadi tujuan wisata kita dengan menggunakan monorail , komuter ataupun bus.

DARI KLIA
Ada 2 cara menuju KL Sentral dari KLIA, yaitu menggunakan kereta dan menggunakan bus.

Untuk kereta ada 2 jenis kereta yang bisa kita pilih, yaitu KL Express dimana kereta tidak akan berhenti dan langsung menuju KL Sentral dengan lama perjalanan 28 menit dan KL Transit dimana kereta akan berhenti di beberapa lokasi dengan lama perjalanan sekitar 40 menit. Harga dari kedua kereta ini sama, yaitu RM35/orang atau sekitar Rp 130.000. Counter pembelian tiket sangat mudah kita temukan karena informasinya sangat jelas di bandara. Sebagai informasi counter pembelian tiket kereta dapat dicapai dengan menuruni 2x escalator setelah kita keluar dari terminal kedatangan.


Apabila menggunakan bus, kita  juga dengan sangat mudah membelinya di counter yang juga berada di bawah (turun 1x escalator). Harga tiket menuju KL Sentral adalah RM 10 atau sekitar Rp. 37.000.


DARI LCCT
Sama dengan yang KLIA, ada 2 cara menuju KL Sentral dari LCCT, yaitu menggunakan kereta dan menggunakan bus.

Apabila ingin menggunakan kereta kita membeli tiket keretanya di counter KL Transit seharga berkisar RM 25 atau Rp 92.500, tetapi tidak bisa langsung naik menggunakan kereta dari LCCT. Kita harus naik shuttle bus dulu dari luar bandara  yaitu turun ke basement dan mencari bus yang akan menuju Stasiun Bandar Tasik.. Dari stasiun Bandar Tasik baru kita lanjut dengan menggunakan KL Transit menuju KL Sentral dengan menggunakan tiket yang sudah kita dibeli di awal tadi.

Apabila menggunakan bus , tiket bus dapat dibeli di terminal kedatangan seharga RM 8 atau sekitar Rp 30.000 dengan lama perjalanan sekitar 1 jam


KL SENTRAL
Kemana kita setelah tiba di KL Sentral ?

Tentunya HotMom sudah mencari informasi terlebih dahulu mengenai hotel dan harganya untuk tinggal di Kuala Lumpur. Apabila belum, sebaiknya jauh-jauh hari mencari informasi harga hotel melalui Agoda, Asiarooms, atau Booking.com

Oya, ada yang terlupa saya sampaikan……
Di KL Sentral ada restaurant local favorite saya , yaitu “Café La Cucur” dimana disana dapat ditemukan makanan khas Malaysia yang enak dengan harga terjangkau. Makanan kesukaan saya disana adalah Lontong sedangkan kesukaan anak saya Oris adalah Nasi Hujan Panas ditambah Ice The Tarik tentunya yang membuat santapan kita menjadi komplit…Harga makanan mulai dari RM5 – RM 12, atau sekitar Rp 18.500 – Rp. 45.000


HOTEL
Mengenai Hotel, HotMom bisa menyesuaikan dengan budget yang ada dengan melihat website  yang sudah sampaikan diatas tadi.  Harga hotel beragam mulai dari Rp. 300.000 – RP. 2.500.000,-

Apabila Hotel yang dipilih berada di KLCC , maka dari KL Sentral perjalanan harus dilanjutkan dengan menggunakan kereta yang tiket counternya dapat dibeli  di KL Sentral juga dengan harga tiket sekitar RM 2.4 atau sekitar Rp. 9000 ,-  

Apabila Hotel yang dipilih berada di Bukit Bintang, maka perjalanan dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki terlebih dahulu keluar menuju stasiun Monorail yang lokasinya sekitar 200M dari KL Sentral. Ikuti saja arah perjalanan orang melalui jalan setapak beratap seperti jalan menuju busway di Jakarta, maka akan ditemukan stasiun Monorail. Harga tiket Monorail menuju Bukit Bintang adalah RM 1.2 atau sekitar Rp 4500,-



2 hotel yang menjadi favorite saya apabila ke Kuala Lumpur adalah, yang pertama A Loft Hotel dimana hotel hanya berjarak 20M dan posisinya tepat disamping KL Sentral. Hotel ini adalah rekomendasi seorang teman yang dalam setiap ingin bepergian teman saya ini selalu browsing untuk mendapatkan harga dan lokasi terbaik. Dialah inspirasi saya dalam mengatur setiap perjalanan saya saat ini.
Hotel A Loft memudahkan saya menuju kemana saja termasuk kembali ke bandara karena cukup menggunakan satu kali transportasi saja, baik dengan kereta maupun dengan bus. Tarif hotel ini permalam sekitar Rp. 900.000 – Rp. 1.500.000, tergantung dari jenis kamar dan seasonnya. (low atau high season)

Hotel yang ke 2 adalah Hotel Ambassador yang lokasinya hanya 100 M dari stasiun Monorail Bukit Bintang, atau hanya 50 M dari H&M di Bukit Bintang.
Saya menginap disini apabila memang ada tujuan untuk shopping dan hangout bersama teman-teman. Tarif hotelnya RM 125 permalam atau sekitar Rp 465.000,- Hotelnya bersih dengan fasilitas yang memadai.

Banyak daerah yang dapat dikunjungi di Kuala Lumpur, namun area KLCC dan Bukit Bintang adalah area yang paling diminati oleh orang Indonesia sebagai tempat menginap.

Saran saya adalah  jangan malu bertanya dengan menggunakan bahasa Indonesia karena mereka sangat mengerti pertanyaan yang kita sampaikan…

Bagaimana HotMom ? mudah kan melakukan perjalanan ke Malaysia ?

Minggu depan, saya akan sharing tentang perjalanan saya menuju Batu Caves . Para Hotmom bisa membaca pengalaman seru saya di Batu Caves lengkap dengan agenda perjalanan  dan perincian biayanya….

Bye HotMom…

0 comments:

Post a Comment