Sunday, June 15, 2014

HOT SPOT LIBURAN: KENANGAN LIBURAN




Salam Cinta HotMom,

Rasanya tidak cukup waktu kita untuk liburan bersama keluarga…belum puas rasanya berlibur kita sudah harus kembali menjalankan rutinitas kita sehari-hari yaitu bekerja, apakah sebagai Ibu Rumah Tangga atapun bekerja di kantoran.

2 pertanyaan ini yang perlu kita pikirkan, yaitu :
·   Apakah liburan kita yang hanya beberapa hari akan sirna dari ingatan ?
·  Apakah saat anak-anak kita dewasa nanti mereka masih mengingat liburan yang mereka lakukan ?

Sebagian orang tentu masih ingat kenangan indah masa kecil mereka saat liburan dan sebagian orang lagi tentu tidak. Ini yang terjadi dengan saya dimana kemampuan mengingat saya cukup lemah sehingga sering kali saya tidak bisa mengingat peristiwa atau kejadian yang saya alami di masa lampau.

Dunia digital dan teknologi katanya sudah sangat canggih sehingga semua data dapat disimpan dalam CD, Flashdisk atau di dalam Memori Card yang kita miliki. Tapi, walaupun hidup dan bekerja di perusahaan yang bergerak di dunia teknologi, saya tetap melakukan dokumentasi tradisional ini, yaitu foto album.

Pada saat anak saya Oris duduk di bangku SMP, dia pernah bertanya kepada saya kenapa di dunia yang sudah penuh dengan teknologi canggih saya masih mencetak foto liburan dan menyusunnya di dalam album ? Ada foto album yang digital katanya yang bisa saya buka via laptop, handphone atau smartphone dari mana saja…..

Namun, jawaban saya adalah “ file bisa hilang kena virus,  kita tidak bisa menemukan nama filenya karena lupa, atau kita bingung file tersebut disimpan di flashdisk yang mana…” tapi, album foto walaupun bentuknya memakan tempat, akan menjadi kenangan sepanjang masa dan bisa diperlihatkan turun temurun asalkan bisa kita jaga dengan baik.



Inilah hasil kerja Papa saya yang sangat rajin mendokumentasikan setiap momen bersama keluarga ataupun sahabat-sahabatnya dalam foto album.
Hasil cetaknya masih hitam putih khas foto jaman dahulu. Dari foto album ini akhirnya saya bisa melihat Mama saya saat masih muda mengenakan rok mini dengan rambut palsu atau wig yang sangat populer dimasanya, saya bisa melihat wajah lucu kakak-kakak saya saat masih anak-anak , potongan rambut kami saat masih kecil dulu dan foto-foto lainnya yang menceritakan betapa kami mempunyai kehidupan yang sangat indah…



Inilah dasar inspirasi saya untuk mendokumentasikan setiap perjalanan liburan saya bersama Oris kemanapun kami pergi….


Foto menggunakan camera, HP ataupun smartphone lainnya, saya tetap akan mencetak hasil foto tersebut dan memasukkannya ke dalam album sesuai perjalanannya. Misalnya, pada saat liburan ke Thailand, Hongkong, Singapore, Malaysia , Bali, Bromo, Derawan, Komodo, dan tujuan wisata lainnya,  saya memiliki semua albumnya dimana di dalam album lengkap saya simpan tiket dan hal-hal lainnya yang menarik.



Tidak hanya saat liburan, saya juga memiliki album mulai dari saya hamil sampai Oris di bangku kuliah…

Saya memiliki lemari sendiri untuk penyimpanan album-album foto ini. Apabila orang lain koleksi CD, koleksi boneka ataupun koleksi barang berharga lainnya, tetapi saya memiliki koleksi album perjalanan hidup saya mulai dari usia pernikahan, hamil sampai Oris dewasa..



Sangat menyenangkan bisa memiliki koleksi album ini dimana saya sering membuka lagi album koleksi saya secara bergantian dan melihatnya bersama Oris diwaktu senggang kami.
Kami akan tertawa bersama melihat begitu banyak kenangan dan cerita yang ada di dalam foto album ini.



HotMom,
Saya ingin berbagi tips hal-hal yang saya lakukan saat melakukan perjalan atau liburan adalah sebagai berikut :

· Menyimpan tiket perjalanan, tiket masuk wahana liburan, dan tiket apa saja yang kami bayar.
·  Mengabadikan setiap momen mulai dari menunggu di bandara sampai kembali lagi ke Jakarta.
· Mencatat setiap kunjungan perjalanan setiap harinya menjelang istirahat tidur malam
·   Mencatat pengeluaran per hari nya saat liburan
·    Mencetak semua foto setelah tiba di Jakarta dan menyusun albumnya
·  Memberi judul dan menyusun album foto sesuai jadwal perjalanan yang saya lakukan

Saya tidak pernah menunda dalam membuat foto album liburan walaupun saya memiliki catatan hariannya …



Setelah 6 tahun berjalan, anak saya Oris memberikan komentar soal foto album ini bahwa dia akan melakukan hal yang sama kelak karena ternyata foto album ini merupakan kenangan indah yang tidak akan pernah hilang walaupun kecanggihan teknologi sudah mendominasi dunia ini…





BYE HOTMOM

0 comments:

Post a Comment