Sunday, November 9, 2014

MY TRIP TO LONDON & PARIS (Part 1 : Pengurusan Visa & Persiapan)

Salam Cinta HotMom,


Terbayang keruwetan yang akan kita alami pada saat akan mengurus visa perjalanan ke luar negeri. Selain dokumen yang harus dipersiapkan, belum lagi antrian di kantor kedutaan selama berjam-jam dipinggir jalan membuat kita sudah merasa malas untuk mengurusnya. Akhirnya pilihan kita jatuh kepada travel agent karena keterbatasan waktu yang kita miliki dan lebih efisien.

Namun saat ini pendaftaran visa ke luar negeri sudah dapat dilakukan dengan  mudah secara online. Hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk mengisi formulir yang ada, maka visa sudah siap untuk diurus.

Pada minggu ini, saya akan berbagi cerita mengenai perjalanan saya ke London dan Paris yang dimulai dengan proses pengurusan visa sampai dengan pengalaman perjalanan saya selama 11 hari di 2 negara tersebut.

PROSES PENDAFTARAN VISA LONDON-UK
Seperti yang sudah saya informasikan diatas bahwa pendaftaran visa dapat dilakukan secara online, maka Hotmom bisa mendaftarkan diri melalui situs http://www.vfsglobal.co.uk  


Melalui situs ini Hotmom akan mendapatkan informasi lengkap mengenai persyaratan aplikasi, cara mengisi aplikasi sampai kepada pengaturan waktu untuk interview bisa kita tentukan sendiri sesuai schedule yang kita inginkan.





BIAYA APLIKASI
Biaya aplikasi untuk pengurusan visa UK normalnya sekitar Rp. 1.400.000 dan langsung dibayarkan melalui credit card pada saat mengisi aplikasi via online. Visa normal ini akan selesai sekitar 10 hari kerja apabila semua persyaratan sudah lengkap.

Namun karena saya masih harus mengurus visa Schengen untuk tujuan Paris, maka saya mengajukan pengurusan visa ekspres dengan membayar biaya tambahan sebesar Rp. 2.100.000 untuk proses pengurusan maksimal 5 hari sudah selesai.
Biaya tambahan pengurusan visa ekspres ini dilakukan langsung saat penyerahan dokumen visa ke kantor VFS Global di Kuningan City, lantai 4, Kuningan, Casablanka, Jakarta. Pembayaran biaya ekspres harus dengan tunai.

PENYERAHAN DOKUMEN
Proses penyerahan dokumen sangat rapi dan teratur di VFS Global. Kita diberikan nomor antrian oleh petugas, kemudian menunggu nomor kita dipanggil di layar TV yang disediakan. Setelah dokumen kita serahkan kita menunggu kembali dipanggil untuk Biometri, yaitu proses pengambilan sidik jari dan foto.

Dokumen yang  yang harus kita persiapkan antara lain :

Bukti bookingan tiket pesawat dan hotel selama di luar negeri.
Bookingan ini bisa kita lakukan secara fiktif apabila kita belum memiliki kepastian tanggal keberangkatan. Semua dapat dilakukan melalui online atau dengan bantuan travel agent apabila kita tidak ingin repot.
Untuk keberangkatan saya ke London, tiket saya booking melalui Garuda dan hotel saya booking melalui situs https://www.airbnb.com. Situs ini sangat saya rekomendasikan karena Hotmom bisa memilih apakah ingin tinggal di apartemen atau di rumah yang disewakan oleh pemiliknya dan dapat memilih di area mana kita ingin tinggal. Dan yang juga menarik adalah penawaran harga yang kompetitif.


Persyaratan lainnya yang harus kita penuhi adalah pas foto , rekening Koran dan surat referensi kantor apabila kita bekerja di salah satu kantor tertentu. Untuk persyaratan ini saya mendapatkan surat referensi dari kantor dan menggunakan rekening Koran kantor sehingga proses pengajuan visa dapat berjalan dengan lancar karena kantor tempat saya bekerja menjamin perjalanan liburan saya.
Setelah kedua proses ini selesai, kita tinggal menunggu konfirmasi melalui email kapan kita visa kita selesai dan paspor bisa kita ambil kembali.


PROSES PENDAFTARAN VISA SCHENGEN
Setelah visa UK saya selesai, kemudian saya mengajukan aplikasi lagi visa online untuk visa Schengen tujuan Paris melalui situs https://www.tlscontact.com.


Semua kebutuhan dokumennya sama dengan pengajuan visa ke UK, hanya saja untuk visa tujuan Paris diperlukan asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan ini dapat diurus di travel agent . Saya mengurus asuransi perjalanan ini di salah satu travel agent yang ada di Senayan City dengan membayar premi sesuai kebutuhan kita. Pilihan preminya mulai dari Rp. 350.000 – Rp. 1.500.000,.

Untuk kebutuhan tiket dan hotel saya juga menggunakan bookingan yang sama dengan pengajuan saya ke UK.

Biaya aplikasi pengurusan visa Schengen ini adalah Rp. 1.200.000 , maksimal 7 hari dan tidak ada yang ekspres.

Kantor TLS Contact ini berada di daerah Mega Kuningan . Alamat lengkapnya bisa Hotmom baca di situsnya.


BOOKING HOTEL
Setelah kedua visa selesai saya urus, baru saya mencari apartemen yang akan disewa melalui situs airbnb. Sangat mudah dan efektif menggunakan situs ini dimana Hotmom dapat memilih sendiri tipe apartemen seperti apa, memilih lokasinya dan harga yang sesuai dengan budget kita. Hotmom juga dapat berkomunikasi dengan pemilik apartemen melalui email.
Informasi mengenai airbnb ini saya dapatkan dari teman kantor yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri.

MENGATUR AGENDA PERJALANAN

Karena biaya perjalanan ke London dan Paris tidaklah murah, maka hal penting lainnya sebelum melakukan perjalanan adalah mengatur agenda kunjungan wisata selama berada di kedua Negara tersebut.
Informasi mengenai London dan Paris saya cari melalui internet. Disamping itu saya banyak bertanya kepada teman-teman yang sudah pernah berangkat kesana. Tidak hanya soal agenda, saya juga bertanya mengenai cuaca, kebiasaan dan jenis pakaian apa yang sebaiknya saya bawa.

Dari sahabat saya Dien, saya mendapatkan informasi sangat lengkap dan berguna khususnya bagi saya yang baru pertama kali kesana, antara lain :
·      Tujuan wisata yang harus dikunjungi
·      Dimana lokasinya
·      Restaurant terkenal
·      Tempat shopping
·      Pasar tradisional, dll

Informasi yang Dien berikan kemudian saya lengkapi dengan mencari informasi detilnya di internet, yaitu :
·      Dimana lokasinya
·      Menggunakan transportasi apa kesana
·      Berapa biayanya sampai kepada sejarah tempat tersebut.

Saya tidak ingin menyia-nyiakan waktu saya di London & Paris untuk browsing. Jadi semua informasi sudah saya siapkan sejak saya masih di Jakarta.

HotMom,

Apabila Hotmom bisa melihat langsung isi tas saya saat perjalanan ke London dan Paris,  isi tas saya  adalah informasi perjalanan yang akan saya kunjungi dengan total halaman hampir 10 lembar.

Penting buat kita untuk mencari informasi terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan karena hal ini akan sangat membantu selama kita bepergian.
Smartphone atau android yang kita punya sebaiknya dimanfaatkan karena gadget tersebut sangat berguna untuk mencari informasi yang kita inginkan.

Dibawah ini adalah sahabat saya Dien yang banyak membantu saya memberikan informasi sebelum keberangkatan saya ke London & Paris.




BYE HOTMOM

0 comments:

Post a Comment