Sunday, September 14, 2014

SURGA BUKU @PASAR PALASARI, BANDUNG


Salam Cinta HotMom,

Saat tiba di Jalan Palasari Bandung, sesaat saya teringat kembali bahwa tempat ini dulu sering saya kunjungi untuk mencari buku-buku pelajaran yang saya butuhkan saat SMA. Itu ditahun 1984 atau 30 tahun yang lalu. Tidak ada yang berubah dari tempat ini….
Palasari merupakan lokasi yang cukup terkenal bagi pecinta buku di kota Bandung. Sudah ada ratusan kios kecil di kawasan ini yang menyediakan berbagai buku bekas dan buku baru. Kita bisa mencari beragam buku, novel, komik, atau majalah di pasar buku ini. Pasar buku Palasari sudah ada di Jalan Palasari sejak tahun 1980. Di bagian dalamnya terdapat pasar tradisional.
Saya menceritakan kepada Oris bahwa disinilah tempat saya banyak memiliki kenangan saat SMA. Saya mengajak Oris mengeksplor area dalam dari Pasar Palasari terlebih dahulu, yaitu ke area pasar tradisionalnya sebelum melihat koleksi buku yang tersedia disini.


Sebelum masuk ke area pasar tradisional, terlihat keramaian diluar yang membuat saya tertarik untuk melihat apa yang dijual oleh bapak pedagang…..
Ternyata ibu-ibu ramai membeli Es Cincau untuk dibawa pulang maupun untuk diminum disana. Sayapun membeli es tersebut dengan harga Rp. 5000/porsi untuk saya bawa pulang.


Masuk ke dalam pasar, kami membeli beras merah organik dan sayur-sayuran seperti kentang, tomat, wartel, dll dengan harga yang murah dan semua sayurannya masih sangat segar.


Sampai di sisi belakang pasar, kami menemukan seorang ibu penjual ikan pindang. Kami pun tergerak untuk membelinya karena ikannya terlihat besar-besar dan bagus. Kami beli dengan harga Rp. 35.000 per ekor.

Setelah puas berbelanja untuk kebutuhan 1 minggu yang akan kami bawa pulang ke Jakarta, kami pun keluar menuju area penjualan buku.


Palasari menyediakan buku-buku yang relatif murah dibandingkan yang dijual di toko buku lain. Buku di Palasari sebagian merupakan buku bekas atau bajakan. Walau begitu, kita tetap bisa mendapatkan buku yang memang asli diproduksi oleh penerbit resmi. Hasil pembicaraan saya dengan beberapa pedagang, ternyata buku bekas yang banyak dibeli oleh konsumen.

Kita bisa melakukan tawar menawar pada buku yang kita inginkan, terutama ketika di kios-kios. Banyak buku bekas yang bisa kita beli dengan harga sangat murah. Buku bajakan yang sudah tidak terbit lagi juga masih bisa kita jumpai di Palasari. Kita harus rajin berkeliling kios jika buku yang kita inginkan ternyata susah ditemukan.

The 11th Immutable Laws Of Internet Branding adalah buku pilihan saya yang saya beli dengan harga Rp. 20.000. Buku ini diterbitkan oleh Hermawan Kertajaya yang membahas mengenai Internet Branding .Karena saya bekerja di media online, maka buku ini sangat memberikan inspirasi buat saya baca.


Di salah satu toko saya melihat banyak ibu-ibu berkumpul dan saya tertarik untuk ikut melihat ada apa disana sehingga membuat para ibu berkumpul. Tidak disangka, ternyata para ibu sedang menunggu buku-buku mereka dibungkus sampul plastik supaya rapi.

HotMom,


Palasari sudah terkenal, tidak hanya di kota Bandung, bahkan bagi para wisatawan asing. Banyak orang luar negeri yang berburu buku lama di Palasari. Berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, dosen, guru, pelajar, hingga ibu rumah tangga berkunjung ke Palasari setiap harinya. Di Pasar Palasari juga tersedia berbagai warung makan sehingga pengunjung bisa melepaskan rasa dahaga atau mengisi perut setelah berkeliling Palasari.

Banyak pengalaman yang saya rasakan bersama Oris disini. Kehidupan di Jakarta membuat kami jarang atau bahkan tidak pernah berbelanja di pasar tradisional. Kami lebih memilih berbelanja di salah satu super market yang ada di dekat rumah yang juga menyediakan bahan-bahan makanan mentah yang harganya jauh lebih mahal dari pasar tradisional. Membeli bukupun kami ke toko buku yang ada di salah satu mall.

Tidak ada salahnya apabila sedang berada di Bandung, Hotmom datang untuk melihat-lihat ke pasar Palasari Bandung yang terkenal sebagai surga buku.



BYE HOTMOM!

0 comments:

Post a Comment