Sunday, July 27, 2014

MY BEST FRIEND : LEONARDO SLATTER


Salam Cinta HotMom,

Sahabat baik saya yang satu ini namanya Leonardo Slatter, akrab dipanggil dengan Leo. Masih muda dan memiliki kemampuan dalam banyak hal selain posisinya sebagai Promotion Manager di tempat kami bekerja, dia juga memiliki blog kuliner.. Leo sudah seperti adik sendiri dan sahabat yang saya kagumi karena berani mengambil resiko sekaligus kesempatan untuk pindah ke negeri paman Sam, Amerika untuk kehidupan dan masa depan yang baru dan lebih baik.


Rasanya baru kemaren kami bekerja bersama dengan Leo, tapi dalam sekejap Leo sudah mengajukan surat pengunduran dirinya.  
Dengan berat hati saya mengijinkan Leo untuk mengundurkan diri karena tantangan dan kesempatan yang akan dia dapatkan jauh lebih besar dan lebih baik lagi.
Leo akan menyusul kakaknya ke Amerika untuk membantu mengembangkan bisnis resto yang akan mereka bangun bersama disana.

Seorang kakak yang luar biasa karena beliau sudah pergi dari Indonesia ke Amerika sejak kerusuhan yang terjadi pada bulan Mei tahun 1998 yang lalu.

Pertemuan kembali dengan adiknya Leo terjadi saat perusahaan tempat kami bekerja menugaskan Leo ke New York Fashion Week tahun 2013 yang lalu. Bisa dibayangkan 15 tahun lamanya kakak beradik ini tidak bertemu….dan momen ini menjadi keputusan Leo berangkat ke Amerika untuk membantu kakaknya mengembangkan bisnis resto yang akan mereka dirikan.


Foto resto diatas saya terima pagi hari disaat saya masih disalon merapikan rambut sebelum berangkat kerja.  Di dalam pesan yang dikirim Leo melalui whats app dia meminta doa agar resto yang akan mereka buka hari itu berjalan dengan lancar.

Terharu luar biasa saya melihat foto ini karena akhirnya Leo dan kakaknya berhasil memiliki resto sendiri. Ingin rasanya memeluk mereka berdua dan berkata “kalian berdua akan sukses disana…”

Akhirnya percakapan kamipun menjadi panjang dimana saya secara spontan memberikan banyak pertanyaan kepada Leo berupa interview singkat yang dilanjutkan dengan email.

Berikut interview saya melalui email untuk Leo…

1. Apa nama restonya, lokasinya dimana,  jenis makanannya apa ? 
HISSHO SUSHI, lokasinya ada di student center, lokasi tepatnya sih di Kennesaw State University dan jenis yang dipilih Sushi.


2. Dari mana dapat ide memilih jenis masakan diatas ?
Kenapa memilih sushi karena saya lihat pangsa di Amerika ternyata banyak sekali orang bule yang suka dengan sushi, teriyaki chicken dan beberapa masakan asia lainnya, mengingat saya dan kakak saya juga sudah memiliki keahlian membuat sushi sebelumnya, akhirnya kita putuskan untuk membeli dan mencoba menjalankan franchise bisnis sushi dan kebetulan lokasi yang available di daerah kita adalah dicampus tersebut.

3. Siapa pemilik resto ini ?
Franchise ini milik kakak saya, namun saya mencoba menginvetasikan dana sebesar 30%. jadi 70-30.


4. Apakah ada kendala dalam membangun resto ini karena kalian boleh dikatakan bertransmigrasi kesana.
Dari apa yang sudah dijalankan, kendala utama adalah masalah perijinan serta administrasi, kemudian modal juga menjadi salah satu dana yang diperlukan. Puji Tuhan semua bisa berjalan dengan baik satu per satu.



5. Bagaimana perasaan leo saat memutuskan pindah ke Amerika ?
Sedih dan senang. Sedih karena harus meninggalkan orang-orang terdekat dan pekerjaan yang saya sukai, namun di sisi lain saya excited karena saya bisa meng-explore United States selama 1thn kedepan, kemudian belajar untuk lebih mandiri dan merasakan dunia luar yang banyak di katakan "kejam" namun saya bisa melihat nilai positif untuk perubahan yang lebih baik di pribadi aku.


6. Bagaimana situasi 3 bulan pertama disana dan apa tantangannya?
Kesulitan terbesar 3 bulan pertama adalah penyesuaian kehidupan dari Jakarta ke U.S yang biasanya lebih banyak bersosialiasi namun disini semua berbeda, setiap orang sibuk dengan urusan pribadi dan banyak dari mahasiswa/i disini juga lebih banyak belajar dan bekerja, sehingga waktu untuk bersosialiasi lebih sedikit. Kendala lain karena tidak tergabung dengan university, jadi sedikit sulit menemukan teman yang pemikiran dan gaya hidup yang sama. Namun untungnya ada Couch Surfing dikota saya yang merupakan komunitas traveler dari seluruh dunia, kita memiliki agenda setiap kamis malam untuk berbincang-bincang, mengenal dan belajar satu sama lain. namun saya masih mencari komunitas yang pas dan cocok dengan saya.

7. Leo memegang peranan sebagai apa di resto ini ?
Disini peranan aku sebagai co founder serta asst sushi chef, dari membuka store, persiapan bahan, melayani customer hingga tutup dilakukan oleh kami berdua.

8. Apakah ingin menjadi warga negara sana ?
Hal ini sangat sulit dijawab dan belum terpikirkan mba, tentunya menjadi Citizen merupakan hal yang menyenangkan apabila melihat dari sisi jiwa petualangan saya, karena saya bisa pergi ke negara mana saja tanpa memerlukan visa lagi, namun hal tersebut tidaklah mudah karena untuk menjadi citizen harus melalui beberapa proses yang cukup rumit dan butuh waktu selama beberapa tahun untuk stay di U.S selain itu juga ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya karena saya cinta dengan Indonesia dan saya melihat Indonesia memiliki potensi yang besar di masa yang akan datang. Jadi alangkah baiknya kalau bisa berkarya di Negeri sendiri dan dibawa ke jenjang internasional.

9. Apa cita-cita Leo ke depan ?
Ada beragam cita-cita yang ingin saya capai mba, jadi agak bingung. Salah satunya adalah keliling ke negara yang belum pernah dikunjungi dan tentunya saya sudah memiliki plan untuk jangka pendek apabila saya kembali ke Indonesia tahun mendatang, hal yang ingin saya lakukan tentunya kembali berkarir lagi diperusahaan yang prestige dan membuat saya berkembang, dari situ saya akan membangun dan me-maintain networking yang lebih kuat lagi dari sebelumnya, karena saya berencana ingin membuat clothing line sendiri yang belum sempat direalisasikan kemudian saya juga akan mulai invest di bisnis property dan usaha kecil lainnya dengan beberapa partner yang sudah mulai didiskusikan dari sekarang.

HotMom,
Ini cerita anak Indonesia yang sukses di Amerika, kakak beradik yang berhasil membuka resto dengan hasil jerih payah mereka sendiri dengan merantau ke Amerika tanpa bantuan siapapun.

Buat pembaca Hotmom, Leo berbagi resep masakan Sushinya yang bisa Hotmom coba di rumah sebagai menu buka puasa bersama keluarga.

RESEP SUSHI oleh LEONARDO SLATTER


Bahan dasar yang diperlukan:

- 540 gram sushi rice / short grain ( 2 1/2 cups).
- 2 cups vinegar untuk membuat nasi yang sudah matang menjadi lengket
- Fresh Salmon / Smoke Salmon
- Fresh Tuna
- Crab Stick
- Avocado
- Nori / Rumput laut
- Sesame Seed
- Cucumber
- Carrots

Sauce yang diperlukan
- Soy Sauce
- Spicy mayonaise
- Eel Sauce / Japanese bbq sauce ( semacam kecap manis)

How to Make your own sushi
- Letakkan sedikit nasi di atas nori yang tersedia hingga merata, kemudian tambahkan sedikit sesame seed.
- Letakkan crab stick serta sayuran yang ingin dimasukkan ke dalam sushi
- Kemudian roll sushi secara bertahap hingga merata
- Tambahkan potongan salmon atau tuna dibagian atas, kemudian lapisi dengan kertas minyak agar memudahkan dalam memotong sushi.
- Potongan sushi dibagi menjadi 8 pcs untuk 1 roll. kemudian tambahkan mayonaise serta eel sauce dibagian atas sesuai dengan kreasi.
- Sushi siap dihidangkan dengan soy sauce, wasabi dan ginger.


HotMom,
Mengetahui perjuangan hidup Leo dan kakaknya, ada perasaan malu mengingat saya belum melakukan apa-apa saat seusia mereka dulu. Semoga cerita ini bisa memberikan inspirasi buat para Hotmom.

Dan jangan lupa untuk mencoba resep sushi dari Leonardo Slatter.

BYE HOTMOM




0 comments:

Post a Comment