Saturday, March 8, 2014

Tips Liburan Hemat Malaysia: Batu Caves

Salam Cinta  HotMom…,

Melanjutkan sharing saya minggu lalu mengenai tips liburan hemat ke Kuala Lumpur, Malaysia mengenai transportasi dan akomodasi di program Eksplore Malayasia, maka di Episode 2 kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya mengunjungi Batu Caves dan dimana saya menginap selama 1 malam di Kuala Lumpur.

Mengingat waktu kami (saya dan anak) sangat sedikit, maka kami menggunakan pesawat Lion Air yang berangkat jam 11.20 pagi dari Jakarta dan tiba di KLIA jam 14.30 waktu setempat. Setibanya di terminal kedatangan kami membeli tiket kereta KLIA Ekspress seharga RM 35/orang atau sekitar Rp. 130.000,_
Setibanya di KL Sentral kami menggunakan taksi ke hotel kami di Best Western Hotel seharga RM 10, atau sekitar Rp. 37.000,_ Sebenarnya lokasi hotel hanya 1 km dari KL Sentral atau kalau berjalan kaki sekitar 15 menit. Namun karena kami membawa 2 ransel yang masing-masing sekitar 10 kg, dan ingin segera bisa ke Batu Caves, maka kami menggunakan taksi yang harganya tidak terlalu mahal.

Tidak menyangka ternyata kamar yang sudah saya booking melalui internet seharga Rp. 800.000/malam memiliki kamar yang luar biasa besar.

TRANSPORTASI DARI KL SENTRAL KE BATU CAVES

Setelah selesai mandi kami pun berjalan kaki dari hotel ke KL Sentral kembali. Disana kami membeli tiket kereta tujuan  Batu Caves seharga RM 1 atau sekitar Rp. 3.700,_ untuk satu kali jalan dimana stasiun kereta Batu Caves tepat berada di ujung pintu masuk kuil Batu Caves.

Sangat beruntung kami mengunjungi Batu Caves di malam hari karena lampu-lampu disana begitu indahnya dimana cuaca sudah tidak panas lagi. Informasi buat para HotMom bahwa Batu Caves buka 24 jam.

BATU CAVES
Batu Caves adalah sebuah bukit kapur yang memiliki serangkaian gua dan kuil gua di distrik Gombak, 13 kilometer (8 mil) utara dari Kuala Lumpur, Malaysia. Namanya diambil dari Sungai Batu atau Batu River, yang mengalir melewati bukit. Batu Caves juga merupakan nama dari desa terdekat.
Gua adalah salah satu kuil Hindu yang paling populer di luar India, didedikasikan untuk Tuhan Murugan. Ini adalah titik fokus dari festival Hindu Thaipusam di Malaysia.
Tangga kayu sampai ke Gua Kuil yang dibangun pada tahun 1920 dan sejak itu digantikan oleh 272 langkah konkret. (from: Wikipedia)
Setelah saya hitung sendiri ternyata anak tangga yang saya naiki lebih dari 300 karena setelah tiba di atas kita masih harus menaiki anak tangga lagi untuk tiba di Gua Kuil.
Badan basah kuyub oleh keringat setibanya di atas namun perasaan sangat senang karena di usia 45 tahun saya masih mampu naik menyusuri lebih dari 300 anak tangga.

Kami beristirahat selama 30 menit diatas ambil menikmati suasana dimana ada sekelompok orang sedang beribadah, ada burung-burung berterbangan dan para turis yang asyik berfoto seperti kami .

Naik bukanlah persoalan mudah…tetapi ternyata turun juga sangat sulit…kaki saya sampai gemetaran saat menuruni 300 anak tangga. Karena takut terjatuh, saya berpegangan dengan anak saya saat turun.

Minum air kelapa adalah pilihan kami saat setibanya di bawah. Banyak sekali pedagang yang berjualan disana khususnya makanan vegetarian tapi kami tidak makan malam disana.
Kemudian kami kembali ke stasiun Batu Caves dan membeli tiket pulang seharga tiket RM 2, atau sekitar Rp. 7.400,- Dilanjutkan dengan berjalan kaki dari KL Sentral kembali ke hotel kami Best Western.

Setelah tiba di Hotel kami pun mempersiapkan barang-barang untuk kebutuhan perjalanan kami besok menuju Penang.

Tunggu cerita kami minggu depan mengenai Penang…