Tuesday, June 23, 2015

BANYUWANGI “SUNRISE OF JAVA” – TAMAN NASIONAL BALURAN & INDUSTRI BATIK

Salam Cinta HotMom,


Tidak terasa hari ini adalah hari terakhir saya di Banyuwangi. Agenda saya hari ini adalah mengunjungi pengusaha batik dan ke Taman Nasional Baluran yang terkenal dengan sebutan Savana. Agak susah menemukan industri kerajinan khas daerah disini karena belum ada lokasi atau area yang khusus diperuntukkan bagi pengrajin. Setelah bertanya ke Humas Pemkab Banyuwangi, maka saya diberikan rekomendasi pengrajin Batik yang bisa saya temui.


BATIK BANYUWANGI


Setelah berkeliling mencari alamat yang diberikan, akhirnya kami menemukan salah satu toko Batik dimana saya dapat bertemu dan berbicara langsung dengan pemiliknya yang kebetulan sedang berada di lokasi.
Industri Batik Banyuwangi belum berkembang dengan baik karena masih sedikitnya jumlah pengrajin atau pengusaha yang bermain dibidang ini.
Harga Batik bervariasi mulai dari Rp. 150.000 – Rp. 300.000 untuk batik cap dan Rp. 800.000 – Rp. 5.000.000 untuk Batik Tulis.
Karena tidak terlalu banyak pilihan, maka saya hanya membeli 2 kain batik untuk dibawa sebagai oleh-oleh di kantor.

TAMAN NASIONAL BALURAN


Selesai makan siang setelah mengunjungi pengarajin Batik, saya dan mas Budi berangkat menuju Taman Nasional Baluran. Jalan menuju Taman Nasional ini tidak jauh, hanya berkisar 40 menit dari hotel Watu Dodol tempat saya menginap.

Taman Nasional Baluran adalah salah satu taman nasional di Indonesia yang terletak di wilayah Bayuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi. Nama taman nasional ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran.

Taman Nasional Baluran sebagai salah satu kawasan konservasi yang didalamnya memiliki berbagai macam flora dan fauna .


Taman Nasional ini memiliki 444 jenis tumbuhan dan diantaranya merupakan tumbuhan asli yang khas dan mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering.


Di Taman Nasional ini terdapat 26 jenis mamalia, diantaranya :
Banteng, kerbau liar, Ajag, Kijang, Rusa, Macan Tutul, Kancil, Kucing Bakau. Satwa Banteng merupakan mascot/ciri khas dari Taman Nasional Baluran.

SAVANA BEKOL


Savana Bekol sebagai salah satu objek wisata alam andalan Baluran yang memiliki luas kawasan sekitar 300 ha yang meliputi hamparan Savana alami terluas pulau Jawa dengan latar belakang Gunung Baluran


Di Bekol terdapat fasilitas pengamatan satwa seperti ayam hutan, merak, rusa, kijang, banteng, kerbau liar dan burung. Fasilitas yang ada disini antara lain wisma peneliti, wisma tamu dan menara pandang.

BAMA


Disini merupakan lokasi wisata bahari, lokasi memancing, menyelam/snorkeling, dan atraksi perkelahian antar rusa jantan.


HOTMOM,

Tidak banyak yang saya temui di Taman Nasional Baluran karena suasana disini sangat sepi dan tidak terlihat ada petugas yang dapat memberikan informasi yang kami inginkan. Kami hanya berkendara dan agak sedikit bingung harus kemana karena tidak ada informasi yang jelas. Jadi kami mengikuti saja jalan aspal yang ada sampai batas terakhir tiba di Bama. Binatang yang kami lihatpun sangat sedikit.

Tapi hal ini tidak mengurangi rasa bangga dan kagum saya terhadap alam Indonesia yang begitu indah. Saya akan kembali lagi ke Banyuwangi untuk mengunjungi Green Bay, Pulau Tabuhan dan kembali ke Kawah Ijen untuk melihat Blue Fire.

Bye Hotmom…..

0 comments:

Post a Comment